Senin, 01 Februari 2010

Roh Gentayangan???

Roh Gentayangan
Ruh-ruh yang bergentayangan itu adalah setan yang melakukan tipu daya dengan menyerupai orang yang sudah meninggal, insya Allah benar. Dan ketika ruh akan dibangkitkan dari alam barzakh (alam kubur) ke alam akhirat, ruh itu dikembalikan ke jasad yang baru yang diciptakan untuk alam akhirat. Ketika seorang meninggal (mati, berpisah jasad dari ruhnya), maka ia tidak akan kembali ke alam dunia. Pada hari kiamat nanti, orang-orang kafir akan memohon kepada Allah agar dikembalikan lagi ke dunia untuk beramal shalih, tetapi permintaan itu tidak dikabulkan oleh Allah. Alam itu terbagi menjadi tiga, yaitu alam dunia, alam barzakh dan alam akhirat. Ketiga jenis alam itu memiliki status dan aturan sendiri. Alam dunia adalah refieksi dari jasad sedangkan ruh sebagai bagiannya, namun sebaliknya alam barzakh adalah refleksi dari ruh sedangkan jasad sebagai bagiannya. Dan terakhir alam akhirat atau Daru al-Qarar adalah alam setelah kebangkitan manusia dari kuburnya untuk mendapatkan baiasan, di mana jasad dan ruh digabungkan kembali. ada beberapa pendapat tentang keberadaan ruh setelah meninggal hingga hari kiamat. Dari sekian banyak pendapat yang ada, tidak satu pun yang menerangkan bahwa ada ruh yang bergentayangan. Ruh orang-orang beriman berada dialam barzakh yang luas, yang di dalamnya ada ketenteraman dan rezeki serta kenikmatan, sedangkan ruh orang-orang kafir berada di barzakh yang sempit, yang di dalamnya hanya ada kesusahan dan siksa. Adapun kaitannya dengan Jin adalah, bahwa Jin itu makhluk yang dapat menjelma atau merubah fisiknya menyerupai bentuk manusia atau makhluk-makhluk yang lain. Setan yang berasal dari Jin, ingin menyebarkan tipu daya dan keraguan pada keimanan manusia, maka saiah salu caranya adalah dengan menjelma menyerupai seseorang yang telah meninggal. Akibat dari penjelmaan tersebut, orang-orang yang melihat menganggap dan berkeyakinan bahwa yang mereka lihat adalah ruh dari orang yang mereka kenal sebelumnya. Oleh karena itu, apa yang dikatakan oleh kaum awam tentang adanya ruh gentayangan tidaklah benar menurut ajaran Islam. Mengenai kemungkinan adanya komunikasi antara manusia yang masih hidup dengan orang yang sudah meninggal juga tidak benar, hatta para nabi dan wali yang telah meninggal sekalipun, tidak bisa berkomunikasi dengan manusia yang masih hidup. Oleh karena itu, cerita yang kerap kita dengar tentang pertemuan dan perbincangan seseorang dengan Nabi Haidir di tepi pantai adalah cerita bohong belaka.

KEMANA ROH SETELAH BERPISAH DENGAN BADAN?
Ketika Malaikat Maut mencabut roh seseorang, maka roh itu berpindah ke alam barzakh, namun tempatnya berbeda-beda. Berikut perinciannya:

1. Roh para Nabi
Roh para Nabi berada di sisi Allah, di tempat yang tinggi. Dalilnya ucapan Rasulullah  di saat akan wafat, ”Ya Allah! Susulkanlah aku ke rofiq a’lâ (para rasul yang berada di tempat yang tinggi).” (HR. Bukhârî no. 4436, Muslim no. 2191).

2. Roh para Syuhada (Orang yang Mati Syahid)
Mayoritas ulama berpendapat bahwa roh para syuhada berada di surga. Banyak sekali dalil yang menetapkan demikian, di antaranya firman Allah, artinya:”Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhannya dengan mendapat rezki.” (QS. Âli ’Imrân: 169).

3. Arwah Anak-anak yang belum baligh
Mayoritas ulama berpendapat bahwa mereka berada di surga. Bahkan Imam Ahmad menyatakan bahwa hal ini merupakan ijma’ (kesepakatan). Dalil yang mendukung pendapat ini adalah riwayat yang menceritakan ketika Ibrahim putra Rasulullah  meninggal dunia, Rasulullah  bersabda, ”Ibrahim adalah anakku, dia meninggal ketika masih menyusu, akan ada dua wanita yang menyempurnakan susuannya di surga.” (HR. Muslim: 2316).Sabdanya pula,“Anak-anak orang Mukmin ditanggung Nabi Ibrahim di surga.” (HR. Ibnu Hibbân 1826, dishahihkan oleh Al Albânî dalam Shahîhul Jâmi’ 3/155). Anak-anak orang musyrik dan kafir juga berada di surga, berdasarkan hadits,”....Adapun anak-anak yang berada di sekitar Ibrahim adalah anak-anak yang meninggal dalam keadaan fitrah. Sebagian sahabat bertanya, ”Wahai, Rasulullah! Apakah anak-anak orang musyrik (juga berada di sana?).” Beliau menjawab, ”Mereka juga di sana.” (HR. Bukhârî no. 6640 dan Muslim no. 2275).

4. Arwah Orang Mukmin Lainnya
Hal ini dipersilisihkan oleh para ulama dahulu dan sekarang. Imam Ahmad mengatakan, ”Arwah orang-orang Mukmin berada di surga dan orang kafir berada di neraka.” Dalilnya firman Allah , artinya: ”Maka mengapa ketika nyawa sampai di kerongkongan, padahal kamu ketika itu melihat, dan kami lebih dekat kepadanya dari pada kamu tetapi kamu tidak melihat. Maka mengapa jika kamu tidak dikuasai (oleh Allah) kamu tidak mengembalikan nyawa itu (kepada tempatnya) jika kamu adalah orang-orang yang benar? Adapun jika dia (orang yang mati) termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah), maka dia memperoleh ketenteraman dan rezki serta jannah kenikmatan. Dan adapun jika dia termasuk golongan kanan, maka keselamatanlah bagimu karena kamu dari golongan kanan. Dan adapun jika dia termasuk golongan yang mendustakan lagi sesat, maka dia mendapat hidangan air yang mendidih, dan dibakar di dalam jahannam. Sesungguhnya (yang disebutkan ini) adalah suatu keyakinan yang benar. Maka bertasbihlah dengan (menyebut) nama Rabbmu yang Maha besar.” (QS. Al Wâqi’ah: 83-96).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar